Cara Menambah Widget Di Header WordPress

Hallo – Kali ini saya akan membagikan sebuah Tutorial Cara Menambah Widget Di Header WordPress dengan mudah, dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Sebelumnya saya akan share sedikit Apa itu header ?

Header website adalah elemen penting yang berfungsi untuk menampilkan informasi kunci. Posisinya yang berada di sisi paling atas memungkinkan untuk meletakkan konten unggulan agar pengunjung lebih tertarik dengan produk yang ingin mereka beli.

Selain itu, konten di dalam header juga berperan penting dalam menunjang branding serta optimasi user experience. Pasalnya, ketika mengunjungi sebuah blog atau landing page, biasanya perhatian user juga akan langsung tertuju ke bagian ini.

Lantas, kira-kira bagaimana sih cara membuat header website yang estetik dan diminati banyak calon pembeli?

Berikut merupakan ulasan terkait tips cara membuat header website keren lengkap dengan contoh yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Tips Membuat Header Website Keren

1.Ikuti Trend
Mengikuti trend adalah tips paling ampuh untuk menciptakan produk yang banyak disukai konsumen. Untuk trend header blog atau website sendiri, saat ini mengarah ke gambar bergerak yang lebih dinamis serta tidak membosankan.

Bagaimana cara membuat header bergerak? Salah satunya, Anda bisa memanfaatkan format gambar gif yang sudah dikompresi agar ukurannya tidak terlalu besar. Anda bisa melihat contohnya di poin pembahasan selanjutnya.

2.Sesuaikan Ukuran
Tidak bisa dipungkiri, mayoritas website saat ini menggunakan template untuk membuat tampilan terlihat unik dan elegan. Nah, biasanya setiap template atau tema website sendiri memiliki karakteristik yang berbeda-beda pada bagian header.

Ada yang mengakomodir pemasangan header berukuran penuh, ada yang hanya memberikan ruang untuk logo dan menu, atau bahkan tidak mengakomodir penambahan header berbentuk gambar agar kecepatan website tetap optimal.

3.Tidak Perlu Berlebihan
Terkadang pemilik website terlalu semangat untuk mempresentasikan bisnis mereka ke pengguna. Sehingga ingin semua hal ditampilkan ke bagian paling depan. Cara ini mungkin bisa saja berhasil menarik perhatian, tapi tidak akan maksimal dari segi estetika dan juga optimasi dalam jangka panjang. Jadi, pilihlah unique selling point dan jadikan sebagai headline untuk menarik pengguna.

Ukuran Header Website

Berapa ukuran header blog yang optimal? Sayangnya, ukuran standar header tidak bisa di sama ratakan. Hal ini berkaitan langsung dengan perkembangan teknologi pada layar monitor, smartphone, serta perangkat lain yang biasa kita gunakan.

Kendati demikian, dalam beberapa tahun terakhir mayoritas web developer menggunakan standar 1024×768 piksel sebagai ukuran header. Kemudian, ada pula yang sudah menggunakan ukuran 1280 piksel atau bahkan sampai 1600 piksel guna mengakomodir kebutuhan pengunjung dengan layar resolusi besar.

Menyesuaikan ukuran header dengan trend pasar sebenarnya bukan sebuah keharusan. Sebagai pebisnis, yang paling penting Anda harus bisa melihat kebutuhan website bagi calon konsumen agar mereka semakin nyaman ketika bertransaksi atau sekadar mencari informasi.

Contohnya seperti ini :

Cara Menambah Widget Di Header WordPress

Nah biasanya untuk membuat header itu membutuhkan Elementor Pro agar mendapatkan widget menu, tetapi di tutorial kali ini saya akan membocorkan bagaimana cara nya membuat header tanpa harus memiliki elementor Pro.

Tutorial Cara Membuat Header Website

Oke.. Langkah pertama pastinya anda harus memiliki hosting dan domain terlebih dahulu dong ..

Ko harus sih ? ya kan tutorial ini membutuhkan wordpress dan elementor, kalo ga punya hosting dan domain gimana dong wkwk canda

Beli hosting dan domain murah disini

Yuk lanjut, langkah ke 2 langsung saja masuk ke halaman dashboard wordpress

Lalu klik pada bagian Plugin :

Langkah ke 3 : Anda bisa langsung cari plugin Elementor Header And Footer dan instal

Oke siip… kalo sudah di instal bisa langsung menuju ke Page dan edit with elementor

Langkah ke 4 : Anda bisa add new seaction, bisa ditambahkan 3 seaction atau 2 seaction sesuai kebutuhan

Langkah ke 5 : Anda bisa menambahkan Navigation Menu untuk menampilkan kategori Menu pada bagian header

Nah jika anda sudah mengedit sesuai kebutuhan, maka hasil jadi nya bisa seperti ini

Oke bagaimana ? cukup mudah bukan ?

atau jika kamu masih bingung bisa langsung simak video tutorial lengkapnya disini 

Nah kalo kamu masih juga belom paham atau bingung, bisa langsung diskusi di grup yang saya bangun untuk menjalin Komunitas WordPress Atau Desain Canva. Join disini

Kesimpulannya
Seperti halnya sebuah buku, header website juga berkontribusi penuh dalam menarik perhatian audiens. Maka dari itu, usahakan untuk memberikan perhatian ekstra pada bagian ini ketika Anda memutuskan untuk membangun sebuah website.

Anda bisa menggunakan contoh header website keren di atas sebagai salah satu inspirasi desain. Bahkan, jika diperlukan bisa juga melakukan kombinasi antara satu tipe header dengan tipe lainnya sehingga menciptakan desain baru yang belum pernah ada.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment